Makalah Peranan Komputer Ke-5 Pada Pembelajaran Matematika
PERANAN KOMPUTER GENERASI KELIMA DALAM KEHIDUPAN
SEHARI-HARI KHUSUSNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Disusun
Oleh :
Nama
: Helena Puspita
Kelas: 2A
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
2022
Pendahuluan
Peranan komputer semakin berkembang pesat,
tiap generasinya mengalami perkembangan yang semakin canggih. komputer sangat
dibutuhkan dari generasi satu hingga saat ini. Seperti pada generasi keempat,
peranan komputer dapat membedakan antara komputer mikro dan computer mini.
Memori yang digunakan cukup besar dan ukurannya juga lebih kecil disbanding komputer
pada generasi sebelumnya. Perkembangan teknologi di zaman globalisasi ini sudah
sangat terlihat sangat maju dengan pesat. Misalnya dalam penggunaan komputer.
Karena semakin berkembangnya zaman, sumber daya manusia menjadi sangat kreatif
dan aktif. Dalam pendidikan, pengajar sering menggunakan komputer untuk
mengembangkan pengetahuan para murid dengan pembelajaran yang modern dan
kreatif. Salah satunya di pelajaran Matematika, tetapi dengan penggunaan
komputer, pelajaran matematika dapat lebih menyenangkan. Dalam penggunaan web
dalam komputer, terdapat web pembelajaran geogebra, yang berisi pembuktian
pengerjaan matemattika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.
Pada zaman sekarang ini, banyak masyarakat
yang sudah manfaat dari adanya computer ini dalam sektor kehidupan. Khususnya
di bidang Pendidikan, penggunaan computer sudah berkembang pesat. Tidak hanya
sebagai alat untuk keadministrasian saja, tetapi dapat berguna sebagai salah
satu alternatif media pembelajaran. Terlebih lagi, sejak adanya covid-19
penggunaan komputer melonjak tinggi dan sangat dibutuhkan banyak orang, mulai dari
pendidik, peserta didik, orang yang bekerja di kantoran dan diharuskan WFH,
hingga masyarakat rumahan yang sebelumnya tidak menggunakan teknologi canggih
ini, namun sekarang sudah menggunakan.
Hal seperti ini, dapat dijadikan sebagai
pengalaman pendidik, peserta didik maupun yang lainnya untuk membentuk
pemahaman yang baru dan dapat dijadikan sebagai ilmu baru yang sangat berguna
untuk kedepannya.
Pembahasan
Di zaman yang sudah modern ini atau
dikenal dengan generasi kelima teknologi semakin maju dan canggih. Pada
generasi kelima dikenali dengan teknologi paralel dan networking, yang
di mana sudah adanya internet. Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin maju
dapat meningkatkan dan mengembangkan suatu teknologi semakin canggih. Salah
satunya yaitu perkembangan komputer. Pada awalnya komputer digunakan hanya
sebatas antarsekolah atau perguruan tinggi. Namun, dengan berjalannya waktu
komputer berguna tidak hanya satu jarak, tetapi tidak ada batas waktu dan
jarak.
Teknologi komputer di generasi kelima ini
sangat penting dan berguna pada dunia Pendidikan. Hal ini, terbukti bahwa komputer
digunakan tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi dapat digunakan sebagai
media pembelajaran, pencatatan yang selalu digunakan oleh seluruh aktivitas. Bidang
teknologi semakin berkembang pesat karena komputer juga yang semakin
berkembang. Hal ini membuat potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika.
Komputer dapat memberikan peluang dan
kesempatan pada pendidik maupun peserta didik. Dalam bidang matematika ini,
computer dapat digunakan lebih dari sekedar penggunaan kalkulator saja. Namun
dapat digunakan seperti pembuatan grafik lurus dalam bentuk y = mx + c menggunakan
Microsoft Excel. Lalu mengganti persamaannya, dengan begitu nilai variabel y,
akan berganti secara otomatis, lalu model grafik juga berganti. Program ini berguna
untuk mengajarkan siswa bagaimana kedudukan titik – titik pada garis y = mx +
c.b. Kemudian mencermati grafik suatu persamaan dengan Microsoft Excel. Selain itu, dengan komputer siswa dapat mencermati
investigasi sifat – sifat grafik dari suatu persamaan. Misalnya mengubah
parameter pada persamaan, siswa dapat memahami semua tipe dari kurva –
kurvanya.
Peranan komputer pada generasi kelima
dapat digunakan sebagai media pembelajaran salah satunya web yang membantu para
peserta didik untuk menambah informasi yaitu dikenal dengan nama geogebra.
Geogebra ada suatu software atau program matematika yang merupakan
perpaduan antara aljabar, geometri dan kalkulus, yang digunakan sebagai media
pembelajaran matematika. Hal ini, disebabkan karena kemampuan memori pada
computer di generasi lima ini jauh lebih besar dibanding generasi sebelumnya
yang hanya dapat menampilkan gambar dalam monitor.
(Kariadinata, 2010) mengemukakan bahwa,
banyak persoalan geomerti yang memerlukan visualisasi dalam pemecahan masalah
dan pada umumnya siswa merasa kesulitan dalam mengkonstruksi bangun ruang
geometri. Dalam pembelajaran matematikan, computer digunakan untuk materi yang
memerlukan visualisasi, gambar atau animasi, dan juga warna. Salah satu cara
menampilkan bayangan bangun ruang geometri tersebut dengan aplikasi geogebra.
Dengan teknologi semua menjadi sangat mudah. Para pelajar dengan mudah
memvisualisasikan gambaran tentang bangun ruang secara detail, konkret dan
jelas. Geogebra membuat materi matematika menjadi terlihat lebih mudah. Namun
dengan satu syarat, yaitu pengajar juga harus memberikan pengajaran secara
kreatif, dalam arti pengajar tersebut harus paham betul tentang penggunaan
geogebra karena dalam geogebra terdapat banyak pilihan penggunaan yang berbeda-beda.
Para peserta didik sebagai generasi milenial harus bisa dan mempunyai keinginan
untuk mempelajari geogebra tersebut. Dengan begitu, pelajaran matematika
menjadi lebih asik dan lebih mudah dipahami.
Selain untuk pembelajaran seperti
geometri, computer dapat pula digunakan untuk materi matematika lain, seperti
aljabar. Dimana pada materi ini, digunakan untuk penyelesaian sistem persamaan,
seperti sistem persamaan linear dua variabel, system persamaan linear tiga
variabel. Adapun pada materi kalkulus juga digunakan untuk membuat grafik, dan
dalam materi aritmatika digunakan untuk melatih kemampuan berhitung. Dari yang
sudah disebutkan, masih terdapat banyak lagi materi matematika yang dapat
diajarkan dengan menggunakan komputer.
Kesimpulan
Peranan komputer pada saat ini, atau
dikenal dengan generasi kelima sangat dibutuhkan sekali khususnya di bidang pendidikan atau dalam pembelajaran
matematika, semua pihak sangat
membutuhkan. Dimana, computer sendiri memiliki peran sebagai media pembelajaran
yang dapat mempermudah pendidik maupun peserta didik dalam menerapkan taktik
mengajar mereka sehingga apa yang akan dicapai daalam proses pembelajaran dapat
terlaksana dengan baik. Penggunaan komputer selain mempermudah informasi, juga
dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan atau mempermudah menyelesaikan pelajaran matematika dengan
mudah dan cepat. Dengan aplikasi geogebra,
membuat para siswa mudah memahami bangun ruang dan juga materi aljabar.
Daftar
Pustaka
Amin. (n.d.). Komputer Dalam Pembelajaran Matematika.
Retrieved from amin127.wordpress.com. https://amin127.wordpress.com/about/komputer-dalam-pembelajaran-matematika/
Atika Nurmala Sari, M. B. (2022). Memahami Komputer Dalam
Kehidupan sehari-hari : Ditinjau dari Fungsinya. Jurnal of Technology,
Computer, and Engineering Science, 1-6.
Barakati, S. M. (2014, December 3). Makalah Peran
Komputer Bagi Masyarakat. Retrieved from septianbarakati. https://www.slideshare.net/septianbarakati/makalah-peran-komputer-bagi-masyarakat-42313088
Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Ta'dib,
176-185.
Kusuma, I. S. (n.d.). Peranan Komputer Tablet. The Role
of Tablet Computers in the Implementation of Paperless Office.

Komentar
Posting Komentar