Makalah Peranan Komputer Ke-5 Pada Pembelajaran Matematika

 

PERANAN KOMPUTER GENERASI KELIMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KHUSUSNYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

 



 

Disusun Oleh :

Nama : Helena Puspita

Kelas: 2A

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA

2022

 

 

Pendahuluan

Peranan komputer semakin berkembang pesat, tiap generasinya mengalami perkembangan yang semakin canggih. komputer sangat dibutuhkan dari generasi satu hingga saat ini. Seperti pada generasi keempat, peranan komputer dapat membedakan antara komputer mikro dan computer mini. Memori yang digunakan cukup besar dan ukurannya juga lebih kecil disbanding komputer pada generasi sebelumnya. Perkembangan teknologi di zaman globalisasi ini sudah sangat terlihat sangat maju dengan pesat. Misalnya dalam penggunaan komputer. Karena semakin berkembangnya zaman, sumber daya manusia menjadi sangat kreatif dan aktif. Dalam pendidikan, pengajar sering menggunakan komputer untuk mengembangkan pengetahuan para murid dengan pembelajaran yang modern dan kreatif. Salah satunya di pelajaran Matematika, tetapi dengan penggunaan komputer, pelajaran matematika dapat lebih menyenangkan. Dalam penggunaan web dalam komputer, terdapat web pembelajaran geogebra, yang berisi pembuktian pengerjaan matemattika menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Pada zaman sekarang ini, banyak masyarakat yang sudah manfaat dari adanya computer ini dalam sektor kehidupan. Khususnya di bidang Pendidikan, penggunaan computer sudah berkembang pesat. Tidak hanya sebagai alat untuk keadministrasian saja, tetapi dapat berguna sebagai salah satu alternatif media pembelajaran. Terlebih lagi, sejak adanya covid-19 penggunaan komputer melonjak tinggi dan sangat dibutuhkan banyak orang, mulai dari pendidik, peserta didik, orang yang bekerja di kantoran dan diharuskan WFH, hingga masyarakat rumahan yang sebelumnya tidak menggunakan teknologi canggih ini, namun sekarang sudah menggunakan.

Hal seperti ini, dapat dijadikan sebagai pengalaman pendidik, peserta didik maupun yang lainnya untuk membentuk pemahaman yang baru dan dapat dijadikan sebagai ilmu baru yang sangat berguna untuk kedepannya.

 

Pembahasan

Di zaman yang sudah modern ini atau dikenal dengan generasi kelima teknologi semakin maju dan canggih. Pada generasi kelima dikenali dengan teknologi paralel dan networking, yang di mana sudah adanya internet. Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin maju dapat meningkatkan dan mengembangkan suatu teknologi semakin canggih. Salah satunya yaitu perkembangan komputer. Pada awalnya komputer digunakan hanya sebatas antarsekolah atau perguruan tinggi. Namun, dengan berjalannya waktu komputer berguna tidak hanya satu jarak, tetapi tidak ada batas waktu dan jarak.

Teknologi komputer di generasi kelima ini sangat penting dan berguna pada dunia Pendidikan. Hal ini, terbukti bahwa komputer digunakan tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi dapat digunakan sebagai media pembelajaran, pencatatan yang selalu digunakan oleh seluruh aktivitas. Bidang teknologi semakin berkembang pesat karena komputer juga yang semakin berkembang. Hal ini membuat potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika.

Komputer dapat memberikan peluang dan kesempatan pada pendidik maupun peserta didik. Dalam bidang matematika ini, computer dapat digunakan lebih dari sekedar penggunaan kalkulator saja. Namun dapat digunakan seperti pembuatan grafik lurus dalam bentuk y = mx + c menggunakan Microsoft Excel. Lalu mengganti persamaannya, dengan begitu nilai variabel y, akan berganti secara otomatis, lalu model grafik juga berganti. Program ini berguna untuk mengajarkan siswa bagaimana kedudukan titik – titik pada garis y = mx + c.b. Kemudian mencermati grafik suatu persamaan dengan Microsoft Excel.  Selain itu, dengan komputer siswa dapat mencermati investigasi sifat – sifat grafik dari suatu persamaan. Misalnya mengubah parameter pada persamaan, siswa dapat memahami semua tipe dari kurva – kurvanya.

Peranan komputer pada generasi kelima dapat digunakan sebagai media pembelajaran salah satunya web yang membantu para peserta didik untuk menambah informasi yaitu dikenal dengan nama geogebra. Geogebra ada suatu software atau program matematika yang merupakan perpaduan antara aljabar, geometri dan kalkulus, yang digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Hal ini, disebabkan karena kemampuan memori pada computer di generasi lima ini jauh lebih besar dibanding generasi sebelumnya yang hanya dapat menampilkan gambar dalam monitor.

(Kariadinata, 2010) mengemukakan bahwa, banyak persoalan geomerti yang memerlukan visualisasi dalam pemecahan masalah dan pada umumnya siswa merasa kesulitan dalam mengkonstruksi bangun ruang geometri. Dalam pembelajaran matematikan, computer digunakan untuk materi yang memerlukan visualisasi, gambar atau animasi, dan juga warna. Salah satu cara menampilkan bayangan bangun ruang geometri tersebut dengan aplikasi geogebra. Dengan teknologi semua menjadi sangat mudah. Para pelajar dengan mudah memvisualisasikan gambaran tentang bangun ruang secara detail, konkret dan jelas. Geogebra membuat materi matematika menjadi terlihat lebih mudah. Namun dengan satu syarat, yaitu pengajar juga harus memberikan pengajaran secara kreatif, dalam arti pengajar tersebut harus paham betul tentang penggunaan geogebra karena dalam geogebra terdapat banyak pilihan penggunaan yang berbeda-beda. Para peserta didik sebagai generasi milenial harus bisa dan mempunyai keinginan untuk mempelajari geogebra tersebut. Dengan begitu, pelajaran matematika menjadi lebih asik dan lebih mudah dipahami.

Selain untuk pembelajaran seperti geometri, computer dapat pula digunakan untuk materi matematika lain, seperti aljabar. Dimana pada materi ini, digunakan untuk penyelesaian sistem persamaan, seperti sistem persamaan linear dua variabel, system persamaan linear tiga variabel. Adapun pada materi kalkulus juga digunakan untuk membuat grafik, dan dalam materi aritmatika digunakan untuk melatih kemampuan berhitung. Dari yang sudah disebutkan, masih terdapat banyak lagi materi matematika yang dapat diajarkan dengan menggunakan komputer.

 

Kesimpulan

Peranan komputer pada saat ini, atau dikenal dengan generasi kelima sangat dibutuhkan sekali khususnya di bidang pendidikan atau dalam pembelajaran matematika, semua pihak sangat membutuhkan. Dimana, computer sendiri memiliki peran sebagai media pembelajaran yang dapat mempermudah pendidik maupun peserta didik dalam menerapkan taktik mengajar mereka sehingga apa yang akan dicapai daalam proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Penggunaan komputer selain mempermudah informasi, juga dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan atau mempermudah menyelesaikan pelajaran matematika dengan mudah dan cepat. Dengan aplikasi geogebra, membuat para siswa mudah memahami bangun ruang dan juga materi aljabar.

 

Daftar Pustaka

Amin. (n.d.). Komputer Dalam Pembelajaran Matematika. Retrieved from amin127.wordpress.com. https://amin127.wordpress.com/about/komputer-dalam-pembelajaran-matematika/

 

Atika Nurmala Sari, M. B. (2022). Memahami Komputer Dalam Kehidupan sehari-hari : Ditinjau dari Fungsinya. Jurnal of Technology, Computer, and Engineering Science, 1-6.

 

Barakati, S. M. (2014, December 3). Makalah Peran Komputer Bagi Masyarakat. Retrieved from septianbarakati. https://www.slideshare.net/septianbarakati/makalah-peran-komputer-bagi-masyarakat-42313088

 

Inah, E. N. (2013). Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Ta'dib, 176-185.

 

Kusuma, I. S. (n.d.). Peranan Komputer Tablet. The Role of Tablet Computers in the Implementation of Paperless Office.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALKULUS INTEGRAL - VOLUME BENDA PUTAR METODE CINCIN SILINDER (WASHER)

Sejarah Singkat Geometri