KALKULUS INTEGRAL - VOLUME BENDA PUTAR METODE CAKRAM (DISK)

 Menghitung Volume Benda Putar menggunakan Metode Cakram (Disk)







Bentuk volume benda putar berupa bangun ruang yang memiliki isi besar. Volume benda putar adalah daerah yang dibatasi suatu kurva dan kemudian diputar sejauh 360 o pada suatu sumbu. Sumbu putar yang digunakan dapat berupa sumbu x, sumbu y, atau garis lainnya.

Misalnya sebuah garis lurus yang memotong sumbu x di titik a dan memotong sumbu y di titik b. Garis lurus tersebut beserta sumbu x dan sumbu y di kuadran membentuk sebuah daerah berbentuk segitiga. Daerah tersebut diputar mengelilingi sumbu x sejauh 360 o .

cakram Metode yang digunakan untuk menghitung volume benda putar dengan partisi batang potongan yang dipilih tegak lurus dengan sumbu putar .

Metode cakram untuk menghitung volume menggunakan rumus dasar Volume = Luas alas × Tinggi . Pada benda putar dari luas yang diputar sejauh 360 o mengeliling sumbu memiliki bentuk alas berupa lingkaran.

Kesimpulan bahwa rumus luas lingkaran adalah Luas = πr 2 dengan r adalah jari-jari lingkaran.

Putaran jari-jari sama dengan jarak sumbu putar ke kurva yang melengkung sama dengan f(x). Sehingga rumus luas di setiap titik adalah Luas = πr 2 = πf 2 (x). Jumlah Pertambahan luas dengan potongan partisi benda putar akan menghasilkan rumus volume yang besar untuk benda putar tersebut.

Disebabkan sebuah kurva membatasi suatu daerah pada selang antara a dan b. Dengan mengambil potongan tinggi benda dx sepanjang selang dan luas daerah L = πf 2 (x) maka rumus volume benda putar adalah V = a ʃ b [πf 2 (x)] dx = π a ʃ bf 2 (x) dx.





Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan video pembelajaran mengenai cara menghitung volume benda putar menggunakan metode cakram. 

STAY TUNE GUYS!!!! lanjut part 2 yaa.....



Daftar Pustaka

https://idschool.net/sma/rumus-volume-benda-putar/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALKULUS INTEGRAL - VOLUME BENDA PUTAR METODE CINCIN SILINDER (WASHER)

Sejarah Singkat Geometri

Makalah Peranan Komputer Ke-5 Pada Pembelajaran Matematika